Otopro
Vol 5, No 2 (2010)

Penggunaan Catalytic Converter dengan Filter Butiran Zeolite dalam Upaya Penurunan Kadar Gas Buang CO dan HO pada Motor 4 Langkah

Widiyanti, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2010

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang otomotif dan perindustrian yang memberikan kemudahan kepada manusia dalam pemenuhan hidupnya berdampak negatif dengan peningkatan polusi udara yang dipicu oleh gas buang CO dan HC dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti gangguan pernapasan dan kanker kulit. Dampak lain dari polusi udara yaitu sebagai sebab penipisan lapisan ozon yang berfungsi sebagai filter radiasi sinar matahari. Uji coba catalytic converter dengan filter butiran zeolite diharapkan dapat mengurangi kadar emisi gas buang yaitu CO dan HC. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan interaksi antara penggunaan catalytic converter standart, catalytic converter dengan filter butiran zeolite dan kenaikan RPM dari 1500, 2000, 2500, 3000, dan 3500 terhadap kadar gas buang CO dan HC. Uji coba dilakukan di Laboratorium Motor Bakar Universitas Brawijaya Malang. Objek penelitian menggunakan mesin bensin Datsun 4 langkah berpendingin air dengan perbandingan kompresi 9:1. Analisis data menggunakan Anova dua jalan dengan taraf signifikansi 0,01 menggunakan fasilitas software SPSS 14 for windows Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa catalytic converter dengan filter butiran zeolite berpengaruh terhadap kandungan gas buang bensin. Pada saat menggunakan catalytic converter dengan filter butiran zeolite, kadar emisi CO (0.80 % vol pada 3500 rpm) dan HC (83 ppm vol pada 3500 rpm) lebih rendah jika dibandingkan dengan menggunakan catalytic converter standart, kadar emisi CO (0.222 % vol pada 3500 rpm) dan HC (98 ppm vol pada 3500 rpm) dan kadar emisi CO2 dan O2 hanya sebagai indikator terjadinya pembakaran sempurna. Simpulan penelitian ini bahwa jenis catalytic converter, variasi putaran mesin dan interaksi antara jenis catalytic converter dan putaran mesin mempengaruhi kadar emisi CO dan HC. Technological growth area of automotive and industry giving amenity to human being in its life accomplishment affect the negativity with the make-up of air pollution triggered by gas throw away the CO and HC can generate assorted of disease like trouble of respiration and skin cancer. Affect the differ from air pollution that is as cause of functioning ozone coat attenuating as filter radiation sunshine. Test-Drive the catalytic converter by filter item zeolite expected can lessen the rate of gas emission throw away that is CO and HC. The purpose of this research is to describe of interaction between using of catalytic converter standart, catalytic converter by filter is item of zeolite and increase RPM from 1500, 2000, 2500, 3000, and 3500 to gas rate throw away the CO and HC. Test-Drive conducted in Motor Laboratory Burn The Brawijaya University of Malang. Research object use the gasoline engine Datsun 4 air-conditioned step irrigate with the comparison of compresion 9:1. Analysis the data use the Anova two way with the level signifikansi 0,01 using facility of software SPSS 14 for windows evaluation. Result of this research indicate that the catalytic converter by filter item zeolite have an effect on to gas content throw away the gasoline. At the time of using catalytic converter by filter item zeolite, rate of emission CO (0.80 % volume at 3500 rpm) and HC (83 ppm volume at 3500 rpm) lower in comparison with use the catalytic converter standart, rate of emission CO (0.222 % volume at 3500 rpm) and HC (98 ppm volume at 3500 rpm) and rate of emission of CO2 and O2 only as indicator the happening of perfect combustion. Conclude this research that type of catalytic converter, variation of rotation of machine and interaction between type of catalytic converter and rotation influence the rate of emission of CO and HC

Copyrights © 2010