Penelitian berupa pemanfaatan internet atau web komersial di lingkungan UMKM Boyolali untuk memasarkan produknya menarik dan perlu untuk diteliti. Dengan sinyalemen bahwa melalui web komersial pelaku UMKM semakin kreatif mengembangkan deversifikasi usahanya dan tidak hanya menembus pasar lokal tetapi juga pasar internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi berbasis web berwujud web komersial untuk UMKM dan menganalisis pengaruh web komersial terhadap pendapatan, biaya pemasaran dan transaksi penjualannya. Untuk mengukur pengaruh web komersial, digunakan analisis perhitungan dengan menggunakan paired samples test. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan paired samples test adalah ada peningkatan yang positif terhadap pendapatan sebesar 9,1 % dan penurunan biaya pemasaran sebesar 48,3 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan web komersial membawa pengaruh yang positif terhadap pendapatan, biaya pemasaran dan transaksi penjualan UMKM makanan di kabupaten Boyolali. Â Keywords: Paired samples test; UMKM; Web Komersial
Copyrights © 2012