BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH
Vol 2, No 2 (2019)

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION DI KELAS XII IPS

Edi Hernadi (SMAN 1 Cikijing Kabupaten Majalengka)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah pada siswa kelas XII dengan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI). Melihat permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan revisi. Data motivasi belajar siswa dan aktivitas guru dalam memotivasi belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi, hasil belajar diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui pada siklus I motivasi belajar siswa jumlah rata-rata skor 13,76 atau 55,04% siswa termotivasi kriteria cukup, pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat dengan jumlah rata-rata skor 17,96 atau 71,84% siswa termotivasi kriteria baik, dengan demikian terjadi peningkatan motivasi belajar dari kriteria cukup menjadi baik. Pada siklus I aktivitas guru dalam memotivasi belajar diperoleh skor 19 atau 76% aktivitas guru kriteria baik, pada siklus II aktivitas guru dalam memotivasi belajar siswa skor meningkat menjadi 22 atau 88% aktivitas guru kriteria baik sekali. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siklus I 73,00 dan ketuntasan belajar 72,00%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata 79,60 dengan ketuntasan belajar 92,00%. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) pada siswa SMAN 1 Cikijing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2019