Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan secara bersama-sama/parsial terhadap motivasi belajar Sejarah. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas XI pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Lebak. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner untuk semua variabel. Data yang terkumpul selanjutnya menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap motivasi belajar Sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,000 0,05 dan Fhitung = 35,705; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar Sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,000 0,05 dan thitung = 3,788; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap motivasi belajar Sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,000 0,05 dan thitung = 5,776. Hal ini berarti bahwa untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah siswa, guru perlu mengoptimalkan kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan.
Copyrights © 2019