Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruhnya gaya mengajar dan motor ability terhadap hasil servis atas bola voli mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan treatment by level 2 x 2. subjek penelitian pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya. Instrumen penelitian menggunakan tes servis atas dan tes Barrow Motor ability. Teknik analisis menggunakan pendekatan statistik parametrik, diperoleh secara keseluruhan kelompok yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar inklusi lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal, terdapat pengaruh interaksi yang sangat berarti antara gaya mengajar dan motor ability yang dimiliki mahasiswa terhadap hasil servis atas bola voli, terdapat perbedaan yang sangat berarti hasil servis atas bola voli antara mahasiswa yang diajar dengan gaya mengajar inklusi dan yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal, bagi mahasiswa yang memiliki motor ability tinggi, terdapat perbedaan yang sangat berarti hasil servis atas bola voli antara mahasiswa yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal dan yang diajar dengan gaya mengajar inklusi, bagi mahasiswa yang memiliki motor ability rendah. Pada penelitian ini dianjurkan kepada dosen untuk memilih dan menerapkan gaya mengajar yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan gerak (motor ability) peserta didik (mahasiswa). Kata kunci : ability, mengajar, motor, servis
Copyrights © 2017