JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 1 No 1 (2017): JTIEE

Pengembangan Buku Ajar Subtema Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku Melalui Strategi PQ4R Dengan Pembelajaran Langsung di Kelas IV SD

Mega Puspita Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2018

Abstract

Penelitian pengembangan ini adalah penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan buku ajar tematik integratif (BATI) yang sangat berkualitas dan layak untuk digunakan pada siswa kelas IV SD. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model pengembangan 4-D dengan tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini adalah buku ajar yang diujicobakan pada 20 siswa SDN Pasi kelas IV.Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar unsur ketepatan isi mendapatkan nilai rata-rata 95% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dikembangkan berkategori sangat berkualitas.Unsur ketepatan penyajian mendapatkan nilai rata-rata 96% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dikembangkan berkategori sangat berkualitas.Unsur ketepatan kebahasaan mendapatkan nilai rata-rata 91% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dikembangkan berkategori sangat berkualitas.Unsur ketepatan kegrafikan mendapatkan nilai rata-rata 95% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dikembangkan berkategori sangat berkualitas.Selain itu, buku siswa layak untuk diimplementasikan, meliputi setiap pertemuan aktivitas siswa sangat baik. Hasil belajar siswa meningkat dari pretest semua siswa tidak tuntas sedangkan pada postest semua siswa tuntas dan ketuntasan siswa secara klasikal mencapai 100%. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan sangat berkualitas berdasarkan aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan, sehingga layak untuk diterapkan pada siswa SD

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...