Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 14 No 2 (2016): December

Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Silabus Matakuliah Kebijakan dan Etika Pendidikan Nasional Institut Agama Islam Qomaruddin

Muhammad As'ad Thoha (Institut Agama Islam Qomaruddin Bungah Gresik)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2016

Abstract

Karakter merupakan suatu nilai dasar yang dapat membangun kepribadian seseorang, hal tersebut tersebut terbentuk baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan, yang membedakannya dengan orang lain, serta di wujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang dapat dikatakan berkarakter baik atau unggul adalah mereka yang selalu berusaha melakukan hal-hal yang terbaik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan bahkan terhadap bangsa dan Negara. Nilai-nilai karakter yang dapat diidentifikasi sangat banyak, namun paling tidak terdapat nilai-nilai inti (core values) yaitu nilai karakter untuk personal (jujur dan cerdas) dan nilai karakter untuk sosial (tangguh dan peduli). Nilai-nilai karakter tersebut yang akan dan telah dikembangkan di Perguruan Tinggi Umum termasuk salah satunya di Universitas Sriwijaya. Salah satu strategi penerapan pendidikan karakter di Perguruan Tinggi Umum tersebut dapat di lakukan melalui pembelajaran selain dari kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan budaya perguruan tinggi. Dan kegiatan pembelajaran tersebut yang terintegrasi dalam silabus, sehingga pengajar mempunyai kewajiban dalam menyusun silabus yang mengarah dalam pembentukan karakter, bahkan dapat dijadikan sebagai landasan utama pada proses pembentukan karakter mahasiswa

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The focus of JIPI Elementary School Teacher Education includes all aspects of scientific discussions about education at madrasah or school, educational innovations, and educational ideas covering: 1) research article, 2) conceptual idea, 3) review of the literature, and 4) practical ...