Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 16 No 2 (2018): Desember

Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ali Abdul Halim Mahmud ( Surat An Nur : 47-53 )

Arif Efendi (STIKES)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2018

Abstract

Abstrak Ali Abdul Halim Mahmud adalah tokoh tasawuf modern bahkan disebut dengan Al Ghozali pada abad 14. Beliau berpendapat bagaimana mensinergikan serta mengintergalkan pendidikan umum dan pendidikan agama islam menjadi jalan menuju ridlo tuhan (Allah Subhanallahu Ta’ala). konsep pendidikan Islam dalam surat An Nur : 47 – 53 perspektif Ali Abdul Halim Mahmud adalah menekankan pada aspek Aqidah (Tauhid), Syari’at dan Akhlaq islamiyah. Unsur unsur pendidikan yang terdapat disurat An Nur : 47 – 53 antara lain : pendidik adalah Allah Subhanallahu Ta’ala dan Rosulullah Shollahu alaihi wassalam, Anak didiknya adalah orang mukmin, orang munafik dan orang yahudi, bahan pendidikan berisi pendidikan keimanan (Tauhid), pendidikan syari’at( ibadah) dan pendidikan akhlaq, cara pendidikannya berisi nasihat berbentuk khabar, syarat, perintah dan kepahamanan. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Ali Abdul Halim Mahmud

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The focus of JIPI Elementary School Teacher Education includes all aspects of scientific discussions about education at madrasah or school, educational innovations, and educational ideas covering: 1) research article, 2) conceptual idea, 3) review of the literature, and 4) practical ...