Prosiding Seminar Biologi
Vol 7, No 1 (2010): Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS ICT PADA MATA KULIAH EKOFISIOLOGI MELALUI ‘LESSON STUDY’

raharjo, raharjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2013

Abstract

ABSTRAK Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis ICT Pada Mata Kuliah Ekofisiologi Melalui  ?Lesson Study?   Ekofisiologi merupakan salah satu Mata Kuliah Kompetensi Utama yang wajib diprogram mahasiswa Prodi Biologi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Lesson Study, dan dilakukan pada mahasiswa Prodi Biologi Angkatan 2007. Tujuan Lesson Study Berbasis Jurusan (LSBJ)  pada mata kuliah Ekofisiologi adalah  (1)  Meningkatkan kualitas mengajar dosen pengampu mata kuliah Ekofisiologi. (2)  Mendeskripsikan proses perkuliahan Ekofisiologi pada materi adaptasi hewan terhadap lingkungan Ekstrim dan Hibernasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis ICT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kualitas mengajar dosen dengan menerapkan pembelajaran kooperatif berbasis ICT  meningkat. (2) Penyampaian materi pembelajaran kooperatif berbasis ICT dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif berhasil dengan baik, karena semua mahasiswa merespon positif.   Key words : model pembelajaran kooperatif, berbasis ICT, lesson study.

Copyrights © 2010