Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 3, No 1 (2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION, OBSERVATION AND EXPLANATION DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA1 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 NGEMPLAK

Puriyandari, Devi (Universitas Sebelas Maret)
Saputro, Agung Nugroho Catur (Universitas Sebelas Maret)
Masykuri, Mohammad (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Ngemplak pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan menggunakan model pembelajaran Prediction, Observation and Explanation (POE) dilengkapi media Lembar Kerja Siswa (LKS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2012/2013. Data penelitian yang diambil berupa sikap ilmiah siswa dan prestasi belajar kognitif, afektif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Prediction, Observation and Explanation (POE) disertai lembar kerja siswa dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa (persentase sikap ilmiah siswa dengan kategori tinggi sebesar 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 84,4% pada siklus II) dan prestasi belajar siswa (ketuntasan belajar siswa dari aspek kognitif meningkat dari 31,2% pada siklus I menjadi 71,8% pada siklus II, sedangkan dari aspek afektif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan presentase dari 53,1% pada siklus I menjadi 78,1% pada siklus II).Kata kunci: Prediction, Observation and Explanation (POE), lembar kerja siswa, sikap ilmiah siswa, prestasi belajar siswa 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...