Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 5, No 4 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI MIA 3 SEMESTER GENAP SMA BATIK 2 SURAKARTA

Trisnawati, Rizka Anggraini Fajar (Universitas Sebelas Maret)
Haryono, Haryono (Universitas Sebelas Maret)
E S, Widiastuti Agustina (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anlisis dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen,  angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Pada siklus I, ketercapaian kemampuan analisis siswa sebesar 57% dan meningkat menjadi 73% pada siklus II. Ketercapaian prestasi belajar untuk aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 54% dan meningkat mejadi 78% pada siklus II, ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 87% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II, dan untuk aspek keterampilan hanya dilakukan pada siklus I dengan ketercapaian sebesar 100%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...