Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 5, No 3 (2016)

STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN DRILL AND PRACTICE DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEMPERHATIKAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI MIA

Fitriana, Dina (Universitas Sebelas Maret)
Ashadi, Ashadi (Universitas Sebelas Maret)
Saputro, Agung Nugroho Catur (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan Drill and Practice dan TAI terhadap prestasi belajar pada materi hidrolisis garam,(2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar pada materi hidrolisis garam,(3) interaksi antara model pembelajaran STAD berbantuan Drill and Practice dan TAI dengan kreativitas terhadap prestasi belajar pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Analisis Variansi Dua Jalan dan ujiKruskal Wallis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan Drill and Practice dan TAI terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, tetapi tidak terdapat pengaruh terhadap aspek sikap dan keterampilan pada materi hidrolisis garam,(2) terdapat pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, tetapi tidak terdapat pengaruh terhadap aspek sikap dan keterampilan pada materi hidrolisis garam,(3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran STAD berbantuan Drill and Practice dan TAI dengan kreativitas terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada materi hidrolisis garam.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...