Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 5, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL LEARNING TOGETHER (LT) DILENGKAPI DENGAN KARTU PINTAR UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X MIA-1 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Syanas, Khusnul Lusi Nursyam (Universitas Sebelas Maret)
Mulyani, Bakti (Universitas Sebelas Maret)
Saputro, Sulistyo (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa pada materi pokok stoikiometri dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Learning Together (LT) di lengkapi kartu pintar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Learning Together (LT) dilengkapi media kartu pintar dapat meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa pada materi pokok stoikiometri pada tahun pelajaran 2014/2015. Dapat dilihat berdasarkan persentase hasil interaksi sosial siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari 77,85% menjadi 81,72%, Prestasi belajar meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan dari siklus I menjadi siklus II. Aspek pengetahuan mengalami peningkatan dari 46,43% menjadi 85,71%. Aspek sikap mengalami peningkatan dari 78,36% menjadi 82,98%. Sedangkan untuk aspek keterampilan hanya ada pada siklus I yaitu sebesar 100%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...