Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Make a Match (MM) lebih baik dari pada siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Scramble Game pada pembelajaran kimia materi sistem koloid kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sampel terdiri dari 2 kelas, data prestasi kognitif menggunakan tes, prestasi afektif menggunakan angket, uji hipotesis menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make a Match (MM) memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Scramble game pada materi pokok Sistem Koloid. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Dimana hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif dan afektif masing-masing diperoleh thitung = 2,235 > ttabel = 1,671 dan thitung = 2,058 > ttabel = 1,671.Kata Kunci: Make a Match (MM), Teams Games Tournament (TGT), Scramble Game, prestasi belajar, sistem Koloid.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014