Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 5, No 1 (2016)

PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING SECARA ALGORITMIK DAN HEURISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA DI SMA N 5 SURAKARTA

Nadi, Chici Yuliana (Universitas Sebelas Maret)
Eko Setyowati, Widiastuti Agustina (Universitas Sebelas Maret)
Saputro, Sulistyo (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode problem solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi belajar siswa materi kelarutan dan hasil kelarutan; (2) pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar siswa materi kelarutan dan hasil kelarutan; (3) interaksi antara metode problem solving secara algoritmik dan heuristik dengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar siswa materi kelarutan dan hasil kelarutan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 dikenai metode problem solving secara algoritmik dan kelas XI MIA 4 dikenai metode problem solving secara heuristik yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh metode problem solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi aspek pengetahuan, sedangkan pada prestasi aspek sikap dan keterampilan tidak ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa; (2) tidak ada pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan siswa; (3) tidak ada interaksi antara metode problem solving secara algoritmik dan heuristik dengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...