Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 1, No 1 (2012)

STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TGT DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM DASAR KIMIA

Susanto, . (UNIVERSITAS SEBELAS MARET)
Susilowati, Endang (Universitas Sebelas Maret)
Haryono, . (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2012

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah pembelajaran kimia dengan metode TGT dapat memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan metode STAD pada materi pokok hukum dasar kimia kelas X semester gasal di SMAN 2 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X semester gasal di SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri atas 8 kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling (pemilihan kelas secara acak). Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X.4 sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran dengan metode TGT) dan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen II (pembelajaran dengan metode STAD). Pengambilan data penelitian menggunakan tes kognitif dan angket afektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan metode pembelajaran TGT memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan metode STAD pada materi pokok hukum dasar kimia kelas X semester gasal di SMAN 2 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci : Teams games Tournaments (TGT), Students Teams Achievement Divisions (STAD), Prestasi Belajar Siswa, dan Materi Hukum Dasar Kimia  

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...