Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 5, No 2 (2016)

STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING (IBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA N 1 SUKOHARJO DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MATEMATIK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Fatonah, Dian Siska Rahma (Universitas Sebelas Maret)
Ashadi, Ashadi (Universitas Sebelas Maret)
Haryono, Haryono (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry Based Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning, (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa  pada kemampuan matematik tinggi dan rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning)  dan PBL (Problem Based  Learning)  dengan kemampuan matematik siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari siswa 2 kelas yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode tes, dan non tes. Teknik analisis data berupa uji hipotesis Anava 2 jalan dan Kruskal-Wallis dengan bantuan software SPSS 18. Untuk pengujian hipotesis pada  aspek pengetahuan dan keterampilan mennggunakan uji Anava 2 jalan, sedangkan aspek sikap menggunakan uji non parametrik Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil penelitian pada materi termokimia kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 dapat disimpulkan: (1) tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa pada aspek sikap dan pengetahuan namun pada aspek keterampilan ada perbedaaan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Based Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning, (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa kemampuan matematik tinggi dan rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Based Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kemampuan matematik terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...