Interaksi Online
Vol 4, No 3: Agustus 2016

Hubungan antara Motivation achievement untuk pemain advergames dengan tingkat pemahaman (level of comprehension) dari brand message (Pesan Merek)

Bagaskara S.A.P (Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP)
Djoko Setyabudi, S.Sos, MM (Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2016

Abstract

Advergame merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan di era modern. Strategi ini dilakukan melalui video games sebagai mediumnya. Berbeda dengan media-media konvensional seperti televisi, koran, radio, dsb. Yang bersifat pasif ketika menyampaikan pesan Advergame memiliki keunikan tersendiri yakni lebih bersifat interaktif. Sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini ingin mengetahui Hubungan antara Motivation achievement (Motivasi Penghargaan) dengan Level of Comprehension dari brand message. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one shot case study. Dengan total partisipan 30 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok termotivasi dan kelompok tidak termotivasi. kelompok termotivasi adalah kelompok yang diberikan motivasi terlebih dahulu sebelum bermain advergame. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji perbandingan Independent samples T-test. dengan pemenuhan asumsi independensi sampel, uji normalitas Kolomogrov Smirnov dan uji homogenitas variansi. Temuan dari penelitian ini ini menunjukan tidak ada perbedaan nilai yang signifikan antara kedua kelompok yang diuji, artinya adalah tidak ada Hubungan antara Motivation achievement dengan Level of Comprehension dari brand message. Kedua kelompok dapat memahami pesan yang disampaikan melalui games tanpa harus diberi motivasi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

interaksi-online

Publisher

Subject

Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi Online adalah jurnal yang memuat karya ilmiah mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Undip. Interaksi Online menerima artikel-artikel yang berfokus pada topik yang ada dalam ranah kajian Ilmu Komunikasi dan Ilmu ...