Interaksi Online
Vol 4, No 2: April 2016

Pengaruh Terpaan Iklan Frisian Flag Versi Superhero di Televisi, Usia Anak, dan Persepsi Realitas terhadap Permintaan Pembelian Produk Susu Frisian Flag

Yogiyanti, Tiagita Reva (Unknown)
Ulfa, S.Sos, M.Si, Nurist Surayya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2016

Abstract

Anak-anak merupakan pasar yang unik dan potensial. Peran anak-anak dalam pemasaran adalah sebagai influencer, mereka memiliki lebih banyak otonomi dan kekuatan dalam pengambilan keputusan di dalam keluarga. Oleh karena itu, para pemasar saling bersaing untuk membuat strategi yang tepat dan menarik dengan target sasaran anak-anak. PT Frisian Flag Indonesia ini memanfaatkan iklan di televisi sebagai sarana promosi produk susu. Salah satu iklan Frisian Flag berisi pesan fantasi yang memanfaatkan karakter superhero. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji faktor usia anak, dan persepsi realitas yang mengintervensi terpaan iklan televisi dengan usia anak terhadap permintaan pembelian produk susu Frisian Flag. Penelitian ini menggunakan teori Advertising Eksposure Process dan teori Children Information Processing of Advertising. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksplanatori. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak usia SD yakni 7-12 tahun dengan ketentuan telah menonton tayangan iklan Frisian Flag versi superhero. Jumlah responden yaitu 50 orang yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil uji hipotesis pertama, terpaan iklan Frisian Flag versi superhero di televisi tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi realitas dengan nilai 0,213. Uji hipotesis kedua menunjukkan variabel usia anak berpengaruh signifikan terhadap persepsi realitas dengan nilai 0,028. Uji hipotesis ketiga, variabel persepsi realitas tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan pembelian dengan nilai 0,906. Uji hipotesis keempat menunjukkan variabel terpaan iklan Frisian Flag versi superhero di televisi tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan pembelian produk susu Frisian Flag dengan nilai 0,597. Dan uji hipotesis kelima menunjukkan variabel usia anak tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan pembelian produk susu Frisian Flag dengan nilai 0,754.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

interaksi-online

Publisher

Subject

Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi Online adalah jurnal yang memuat karya ilmiah mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Undip. Interaksi Online menerima artikel-artikel yang berfokus pada topik yang ada dalam ranah kajian Ilmu Komunikasi dan Ilmu ...