Interaksi Online
Vol 4, No 2: April 2016

HUBUNGAN TERPAAN IKLAN PRODUK PEMUTIH KULIT DI TELEVISI DAN PERSEPSI ANAK TENTANG KULIT PUTIH DENGAN PREFERENSI ANAK PADA KULIT PUTIH

Luhung Nalar Wangi (Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro)
Nurist Surayya Ulfa, S.Sos, M.Si (Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini berangkat dari data penelitian sebelumnya yangmenunjukkan tingginya persentase iklan produk dewasa terutama produkkecantikan pada jam tayang anak. Di lain sisi, data di lapangan yang penulisperoleh dari berbagai forum diskusi ibu-ibu menunjukkan banyaknya anak-anakusia sekolah dasar yang merasa tidak percaya diri dengan warna kulitnya dancenderung lebih menginginkan kulit putih. Selain itu data tersebut jugadidukung dari hasil pra riset yang penulis lakukan pada anak-anak perempuanusia sekolah dasar yang menunjukkan preferensi anak-anak terhadap kulit putihterbilang tinggi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terpaan iklanproduk pemutih kulit di televisi dan persepsi anak tentang kulit putih denganpreferensi anak pada kulit putih. Penelitian ini menggunakan teori efek mediauntuk menjelaskan hubungan terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi danpersepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih.Sedangkan teori tentang efek iklan pada anak intended and unintended effectdigunakan untuk menjelaskan bahwa persepsi anak tentang kulit putih danpreferensi anak pada kulit putih merupakan dampak tidak di sengaja dariadanya paparan iklan produk pemutih kulit di televisi. Populasi dalampenelitian ini adalah anak perempuan usia 10-12 tahun yang sudah terterpaiklan produk pemutih kulit di televisi dan sampel yang diambil sebanyak 50orang dengan teknik purposive sampling.Dalam uji hipotesis, penulis menggunakan Analisis Korelasi Kendall Taub.Uji hipotesis pertama antara terpaan iklan dengan preferensi menunjukkannilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Uji hipotesis kedua antara terpaan iklandengan persepsi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004 (<0,05). Ujihipotesis ketiga antara persepsi dengan preferensi menunjukkan nilaisignifikansi sebesar 0,000(<0,05).Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwaterdapat hubungan antara terpaan iklan produk pemutih kulit di televisi danpersepsi anak tentang kulit putih dengan preferensi anak pada kulit putih.Penelitian ini menunjukkan bahwa iklan produk dewasa yang tayang pada jamtayang anak memiliki unintended effect pada anak-anak, sehingga saran untukmasyarakat khususnya kalangan orang tua agar menaruh perhatian lebih padapaparan iklan yang menerpa anak-anak dan saran untuk pihak pemegangregulasi (KPI) sebaiknya memperketat aturan tentang iklan pada jam tayanganak.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

interaksi-online

Publisher

Subject

Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi Online adalah jurnal yang memuat karya ilmiah mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Undip. Interaksi Online menerima artikel-artikel yang berfokus pada topik yang ada dalam ranah kajian Ilmu Komunikasi dan Ilmu ...