Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT) dengan metode Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa (2) pengaruh penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT) dengan metode Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa (3) berapa besar pengaruh penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT) dengan metode Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa. Adapun penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS di SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo Wonogiri.Penelitian ini bersifat eksperimental- semu (Quasy- Experimental Research).Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Sampel penelitian sebanyak dua kelas diambil dengan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan penggunaan metode TGT dengan metode GI terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo Wonogiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rata- rata metode TGT sebesar 84,00 dan rata- rata metode GI sebesar 71,33 dengan ?= 0,000 (sangat signifikan). (2) Ada pengaruh penggunaan metode TGT dengan metode GI terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo Wonogiri. Hal ini dapat dilihat dari dari hasil analisis data yang menunjukkan harga t= 8,382; ?= 0,000 (sangat signifikan). (3) Besar pengaruh penggunaan metode TGT dengan metode GI terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo Wonogiri sebesar 27%.Kesimpulan penelitian adalah ada perbedaan penggunaan metode TGT dengan metode GI terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo Wonogiri. Nilai rata- rata kelas TGT lebih tinggi daripada nilai rata- rata pada kelas GI. Metode belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 27% sedangkan 73% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci : Hasil Belajar Sosiologi, metode Teams Games Tournament (TGT),metode Group Investigation (GI)
Copyrights © 0000