Department of Naval Architecture
Vol 1, No 1 (2013): Januari

PENGARUH KECEPATAN KAPAL TERHADAP GELOMBANG YANG DITIMBULKAN AKIBAT GERAKAN WATER BUS DENGAN BENTUK LAMBUNG KATAMARAN ASIMETRIS DI BANJIR KANAL BARATJAKARTA BERBASIS CFD

Abner Herdian Permana Putra (Unknown)
Eko Sasmito Hadi (Program Studi S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2013

Abstract

Kondisi lingkungan yang semakin buruk akibat polusi udara memunculkan inovasi dalam menciptakan alat transportasi ramah lingkungan. Telah dilakukan penelitian  sebelumnya yaitu perancangan water bus dengan bentuk lambung katamaran asimetris yang memanfaatkan tenaga matahari sebagai energi penggeraknya. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan guna mengkaji pengaruh kecepatan kapal terhadap gelombang yang ditimbulkan akibat gerakan water bus dengan bentuk lambung katamaran asimetris di bajir kanal barat Jakarta dengan menggunkaan paket program CAD (Computer Aided Design) serta CFD (Computational Fluid Dynamics). Dari hasil penelitian  ini akan diketahui kecepatan optimal pada kapal, besarnya nilai tahanan kapal, serta tinggi gelombang yang ditimbulkan akibat gerakan badan kapal pada kondisi kecepatan 1- 6 knot. Perhitungan dan analisa pada penelitian ini menggunakan metode freesurface dan didapatkan kecepatan optimal kapal adalah 5Knot. Besarnya nilai tahanan pada kecepatan 5 knot sebesar  0,421808 kN dan tinggi gelombang yang ditimbulkan akibat gerakan badan kapal berkisar antara 0,3 – 0,4 m.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

naval

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Jurusan Teknik Perkapalan yang berisi artikel karya ilmiah mahasiswa program Sarjana Teknik Perkapalan universitas ...