KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

PENERAPAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN JEMUR

LUKMAN, BUDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2013

Abstract

Abstract: Implementation of Constektual Phenomenological in Improving Science of Natural Resources State Class IV SD Jemur. The purpose of this study is to describe the procedures for using a Pendekatan Konstektual that can enhance science learning and describe the constraints and their solutions from the use of a Pendekatan Konstektual. This research is Classroom Action Research (CAR) conducted in 3 cycles with each cycle consisting of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques are observation, interview and test. The validity of the data sources and using triangulation techniques. The results showed that the Pendekatan Konstektual can enhance science learning. Keywords: Pendekatan Konstektual, learning sains Abstrak: Penerapan Pendekatan Konstektual dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Jemur. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPA dan mendeskripsikan kendala beserta solusi dari penerapan pendekatan konstektual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstektual dapat meningkatkan pembelajaran IPA.   Kata kunci: pendekatan konstektual, pembelajaran IPA

Copyrights © 2016