KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN

PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD

Fauzan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2014

Abstract

Abstrak: Penggunaan Metode Guided Note Taking dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD dengan metode Guided Note Taking. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa. Data penelitian ini berasal dari guru, siswa, dan observer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Guided Note Taking dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD.

Copyrights © 2017