KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV

nurkhayati, asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2013

Abstract

Abstrak. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe STAD dalam peningkatan hasil belajar matematika; (2) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model kooperatif tipe STAD dalam peningkatan hasil belajar matematika.  Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi waktu. Data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini: (1) penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan proses hasil belajar matematika; (2) kendala yang muncul yaitu guru kurang mengembangkan materi, sedangkan solusinya guru sudah mengembangkan materi.   Kata kunci: Tipe STAD, Peningkatan Hasil Belajar, Matematika   Abstract. COOPERATIVE MODEL APPLICATION TYPE STAD (STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION TEAMS) INCREASE IN LEARNING MATHEMATICS IN CLASS IV. This study aims to: (1) to describe the application of the model STAD cooperative in improving mathematics learning outcomes, (2) describe the challenges and solutions STAD cooperative implementation of the model in improving math learning outcomes. Data sources of this study are students, teachers, and documents. Data collection techniques used observation, interviews, and tests. The validity of the data using triangulation of data sources and triangulation time. Data in the form of qualitative data and quantitative data. Conclusions of this study: (1) the application of STAD cooperative models can improve the process of mathematics learning outcomes, (2) problems were encountered less developed material that teachers, while teachers have developed a material solution.

Copyrights © 2016