KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN

PENERAPAN MODEL RESEARCH BASED LEARNING (RBL) DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD

Anies, Fera (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2014

Abstract

Abstrak:  Penerapan Model Research Based Learning (RBL) dalam Pe-ningkatan motivasi dan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model RBL dan me-ningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas pe-rencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Adikarso yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model RBL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Kata Kunci: RBL, Motivasi, Hasil Belajar, IPA

Copyrights © 2017