KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD

nur agustina, eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2014

Abstract

Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Slarang 05. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Slarang 05 menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif, tahapannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran IPA setelah dilakukan dengan model PBL  pada siswa kelas V SD Negeri Slarang 05. Simpulan penelitian adalah model PBL dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Slarang 05. Kata Kunci: PBL, Peningkatan Pembelajaran, IPA

Copyrights © 2017