KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

EFEKTIVITAS KELENGKAPAN KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD N DI KECAMATAN BINANGUN TAHUN AJARAN 2013/2014

Pratiwi, Antik (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2014

Abstract

ABSTRACT: Effectiveness of School Library Book Collection Completeness and Reading Interest to The Indonesia Language Learning Result to Fourth Grade of Students of State Elementary School in Binangun District for Academic Year 2013/2014The purposes of this research are to find out: the influence of the school library book collection completeness for Indonesia Language learning result, the reading interests for Indonesia Language learning result, interaction between the school library book collection completeness and reading interests for Indonesia Language learning result. This research is a quantitative research using Ekspost Facto method. Data analysis of this research is Two-lane variant analysis (ANAVA 2x2). The research can be conclude that: there is the influence of the school library book collection completeness for Indonesia Language learning result, there is the influence of the reading interests for Indonesia Language learning result, the influence of interaction between the school library book collection completeness and reading interests for Indonesia Language learning result.Key words: Indonesia Language,  result, school library, reading, interest ABSTRAK: Efektivitas Kelengkapan Koleksi Buku Perpustakaan Sekolah dan Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD N di Kecamatan Binangun Tahun Ajaran 2013/2014Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: ada tidaknya pengaruh perbedaan koleksi buku perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, pengaruh perbedaan minat membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, dan pengaruh interaksi antara kelengkapan koleksi perpustakaan sekolah dan minat membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ekspost facto. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu Analisis Varian dua jalur (Anava 2x2). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh kelengkapan koleksi buku perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Bahasa, ada pengaruh perbedaan minat membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, ada pengaruh interaksi antara kelengkapan koleksi buku perpustakaan sekolah dan minat membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia.Kata Kunci: Bahasa Indonesia, hasil,  perpustakaan sekolah, membaca, minat 

Copyrights © 2017