KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GIRIPURNO

Yuliastuti, Trias (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
19 May 2014

Abstract

Abstract: Improved Learning About Style Through Science Experiments Methods Concrete Media In Fourth Grade Students of SDN 2 Giripurno. The purpose of this research was to describe the application of the experimental method with a concrete medium in improving science learning about style and obstacles and solutions. This research was Classroom Action Research (CAR) and implemented in three cycles. The results show that: application of the experimental method with concrete media can enhance science learning about the style in grade IV. The obstacles are: the student embarrassed to ask, some of the students in the experimental passive and less confident when presenting. The solution is: motivating students, directing students to work together, and guide students during the presentation. Keywords : Experimental methods, Concrete Media, Learning Science Abstrak: Peningkatan Pembelajaran IPA Tentang Gaya Melalui Metode Eksperimen dengan Media Konkret Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Giripurno. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang gaya dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil menunjukkan bahwa: penerapan metode eksperimen dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas IV. Kendalanya yaitu: siswa malu bertanya, beberapa siswa pasif dalam eksperimen, dan kurang percaya diri saat presentasi. Solusinya ialah: memotivasi siswa, mengarahkan siswa untuk bekerja sama, dan membimbing siswa saat presentasi. Kata kunci: Metode Eksperimen, Media Konkret, Pembelajaran IPA

Copyrights © 2018