KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BOCOR

PRAYITNO, GATOT (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2013

Abstract

Gatot Prayitno1,Suripto2, Chamdani3PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer KebumenEmail :gatotprayitno2013@yahoo.co.id 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS2 dan 3 Dosen PGSD FKIP UNS  Abstract: The Application TGT Type Cooperative Model in Improving Mathematic Learning in Fifth Grade Student State Elementary School 2 Bocor. The purpose of this research were (1) describing the aplication steps TGT type (2) describing the increase of learning through TGT type in mathematic learning. This research used Classroom Action Research technique. The research was conducted in three cycles, with each cycle consisting the planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected by observation, questionnaire, and test. The validity of data used triangulation technique and source method. The results showed that: the application of TGT type can enhance mathematic learning in the fifth grade students state elementary school 2 Bocor. Keywords: TGT type, Mathematic, Student Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 2 Bocor. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan langkah-langkah tipe TGT, dan (2) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran melalui penerapan model TGT dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, angket, dan tes. Validitas data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Hasil menunjukkan bahwa: penerapan model TGT dapat meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V SDN 2 Bocor. Kata Kunci: Tipe TGT, Matematika, Siswa

Copyrights © 2017