KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN

KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI PENGELOLAAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 TRIWARNO

Nuryasih, NURYASIH (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2014

Abstract

Abstrak: Konseling Kelompok  dengan Strategi Pengelolaan Diri  untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Triwarno.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa melalui penerapan konseling kelompok dengan strategi pengelolaan diri. Penelitian tindakan kelas (PTK)  diagnostik  ini dilaksanakan dalam  tiga  siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, sosiometri, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi teori. Kesimpulannya adalah penerapan konseling kelompok dengan strategi pengelolaan diri dapat meningkatkan disiplin belajar siswa.Kata kunci: konseling kelompok, pengelolaan diri, disiplin

Copyrights © 2017