PT Pelabuhan Indonesia I merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyelenggaraan dan pengusahaan jasa kepelabuhanan bertujuan mengoptimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat maka kebutuhan akan tingkat kinerja yang tinggi dari setiap karyawan merupakan hal yang mutlak bagi PT. Pelabuhan Indonesia I. Berdasarkan hasil penilaian persentase kompetensi dan produktivitas yang telah ada, persentase realisasi yang dicapai lebih kecil dari angka target yang ditetapkan oleh perusahaan. kesenjangan ini mengindikasikan bahwa kinerja karyawan belum maksimal dan perlu adanya penilaian kinerja lebih lanjut. Penilaian kinerja merupakan suatu evaluasi hasil kerja dari seorang karyawan secara sistematis yang berhubungan dengan jabatannya dan potensi yang dimilikinya untuk dikembangkan. Penilaian kinerja ini diharapkan dapat menjadi umpan balik bagi karyawan tersebut tentang prestasi kerjanya selama ini dan mengembangkan kemampuannya lebih lanjut. Penilaian kinerja bertujuan untuk akan meningkatkan prestasi organisasi. Penelitian ini menggunakan kuesioner, software SPSS 17.0 dan Matlab sebagai instrumen penelitian. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada level top manajemen, Manajer pelayanan terminal memiliki penilaian kinerja tertinggi dengan nilai eigen 2.1903. Pada level middle manajemen, Supervisor Pelayanan Operasi Senior memiliki penilaian kinerja tertinggi dengan nilai eigen 2.7424. Pada level lower manajemen, penilaian kinerja tertinggi adalah Pelaksana Perencanaan & Pengendalian Operasi Senior dengan nilai eigen 2.6141. Jabatan Asisten Manajer Pelayanan Operasi dan Jabatan Pelaksana Pelayanan Operasi Senior merupakan jabatan yang memiliki penilaian kinerja yang sangat rendah sehingga memerlukan evaluasi lebih lanjut. Hal ini dapat dilihat dari nilai eigen kedua jabatan yang bernilai negatif, masing-masing yaitu -0.0005 dan -0.0002
Copyrights © 2013