Konsumsi bahan bakar sekecil mungkin tanpa menurunkan performa dari sepeda motor dapat diperoleh dengan melakukan pengontrolan pada nilai Air-to-Fuel Ratio (AFR) agar selalu berada pada kondisi ideal. Namun tidak pada semua kondisi nilai AFR ideal diperlukan sehingga nilai AFR bisa diatur ke nilai yang lebih besar agar campuran menjadi lebih miskin (lean). Pada penelitian ini dirancang prototipe kontroler elektronik AFR berbasis metode kontrol PID untuk menghemat konsumsi bahan bakar sepeda motor sistem injeksi elektronik, dengan masukan berupa sinyal pengereman dan derajat bukaan gas (throttle opening) yang berfungsi untuk mengaktifkan sistem kontrol. Kontroler dipasang secara paralel dengan electronic control unit (ECU) pabrikan sepeda motor dan memiliki tugas dalam mengatur lama durasi bukaan injektor sesuai dengan kondisi yang ditetapkan. Pengujian dilakukan terhadap kestabilan sistem kontrol dan penghematan bahan bakar. Hasil pengujian kestabilan sistem kontrol membuktikan bahwa prototipe kontroler elektronik AFR mampu mengontrol nilai AFR pada rentang miskin dengan stabil. Hasil pengujian penghematan bahan bakar pada rute jalan mendatar adalah sebesar 35% serta pada rute jalan menanjak dan menurun adalah 35,1%. Rata – rata penghematan bahan bakar yang dicapai secara keseluruhan adalah 35,05%.
Copyrights © 2018