Pada kondisi jumlah nasabah melampaui kapasitas kemampuan daripelayanan petugas teller maka nasabah menunggu yang berakibat munculnya an-trian di stasiun pelayanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menge-tahui kinerja sistem antrian di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk KantorCabang Utama USU pada loket teller. Setelah melalui proses pengumpulan data,perhitungan dan pengolahan data dapat ditentukan model antrian jalur berganda(M/M/c):(GD/1/1) dengan tingkat kedatangan nasabah berdistribusi Poissondan waktu pelayanan berdistribusi Eksponensial dengan Uji Chi Square, disiplinantrian adalah pertama datang pertama dilayani dengan jumlah kedatangan yangtak terbatas. Kinerja sistem antrian di PT. Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk Kantor Cabang Utama USU sudah efektif karena masing-masing server sibukrata-rata 84.56% dari jam kerja, kesimpulannya tidak banyak waktu server men-ganggur.
Copyrights © 2014