ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, atribut buah impor, dan urutan atribut buah impor yang menjadi preferensi konsumen di Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis conjoint. Karakteristik konsumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, pendapatan keluarga per bulan, jumlah anggota keluarga, dan frekuensi pembelian buah impor. Atribut buah impor yang digunakan adalah rasa, ukuran, aroma khas, dan warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen buah impor di Kota Medan bervariasi, dilihat dari faktor jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan keluarga per bulan, dan jumlah anggota keluarga. Kombinasi buah impor yang menjadi preferensi konsumen adalah buah dengan rasa yang manis, berukuran besar, memiliki aroma khas yang kuat dan warna yang cerah. Atribut buah impor yang memiliki nilai kepentingan tertinggi adalah rasa, kemudian aroma, ukuran dan warna. Nilai signifikansi Pearson’s dan Kendall’s Tau yaitu, interpretasinya adalah adanya hubungan yang kuat antara preferensi estimasi dan preferensi aktual, atau ada predictive accuracy yang tinggi pada proes conjoint. Nilai korelasi Kendall’s Tau for Holdouts dimana Holdouts merupakan uji stimuli penguji yang didapat dari proses conjoint yaitu buah impor yang menjadi preferensi konsumen sampel dapat menggambarkan preferensi konsumen secara keseluruhan (populasi). Kata kunci : Buah impor, preferensi konsumen, analisis conjoint
Copyrights © 2016