Penelitian ini membahas mengenai peran program Bengkel Baca Tulis Perpustakaan SekolahAlam Auliya Kendal dalam pembelajaran life-skill siswaâ€. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana peran dari program Bengkel Baca Tulis di perpustakaan Sekolah AlamAuliya Kendal dalam pembelajaran life-skill siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode pendekatan studi kasus dengan desain penelitian kualitatif. Data yang digunakanadalah data primer dan sekunder, dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, danstudi dokumentasi. Informan yang dipilih berjumlah 18 informan yaitu kepala yayasan, guru,pustakawan, dan siswa. Analisis data menggunakan metode flow model analysis atau modelanalisis data mengalir milik Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaprogram Bengkel Baca Tulis berperan aktif dalam pembelajaran life-skill siswa diihat dari aspekself-confident, responsible citizenship, dan interpersonal skill. Kemampuan self-confidentterasah dari aktivitas membaca, berdiskusi, bermitra, dan menulis. Responsible citizenshipdiperoleh dari aktivitas menulis dan bercerita, sementara kemampuan interpersonal skillnampak dalam aktivitas bermitra. Masing-masing aktivitas pada hakikatnya mengandung semuaunsur life-skill yang dibutuhkan oleh siswa.
Copyrights © 2017