Perpustakaan perguruan tinggi sebagai lembaga penyedia informasi mempunyai peranan pentingdalam membentuk mahasiswa yang berkualitas. Selain itu, Perpustakaan Perguruan Tinggimempunyai peran penting dalam meningkatkan mahasiswa yang berkualitas dan berkompeten,sebagai wahana belajar sepanjang hayat, serta wahana pelestarian kekayaan budaya bangsa,serta sebagai layanan untuk memenuhi kebutuhan informasi seluruh pemustaka.Layananperpustakaan harus diselenggarakan dengan sebaik-baiknya agar pemustaka merasa puas denganadanya layanan yang diberikan oleh perpustakaan sehingga memberikan citra positifperpustakaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayananterhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Stikes Telogorejo Semarang.Desain dan jenispenelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini sebanyak278 mahasiswa Stikes Telogorejo Semarang angkatan tahun 2016, dengan jumlah sampel yangdidapatkan sebanyak 74 orang.Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis regresi liniersederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dari perpustakaan tebuktiberpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pemustaka, yang dibuktikan denganbesaran koefisien pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka sebesar (+) 0,224serta signfikansi pengaruh sebesar 0,025 yang lebih kecil dari 0,05. Pengaruh yang positif iniberarti bahwa semakin baik kualitas pelayanan dinilai oleh para pemustaka maka akan semakintinggi kepuasan dari para pemustaka yang menjadi pelanggan dari perpustakaan tersebut,sebaliknya semakin rendah kualitas pelayanan yang dimiliki maka akan semakin rendah kepuasanpemustaka tersebut. Pengaruh tersebut bersifat signifikan, yang berarti bahwa pengaruh positifdari kualitas pelayanan akan memberikan peningkatan kepuasan sebesar 0,224 dari tingkatkepuasan para pemustaka sebelumnya.
Copyrights © 2017