Jurnal Teknik ITS
Vol 5, No 2 (2016)

RANCANG BANGUN APLIKASI NULIS: MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DISGRAFIA

Peni Sriwahyu Natasari (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Dwi Sunaryono (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Rully Soelaiman (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2017

Abstract

Siswa penyandang disgrafia atau kesulitan belajar menulis merupakan salah satu dari ‘Learning Disorder’. Pada anak kesulitan belajar menulis, proses menuliskan informasi merupakan hal sangat sulit. Kemampuan motorik anak terganggu dan mengakibatkan kemampuan gerak dalam kehidupan sehari-hari juga mengalami kesulitan. Siswa disgrafia dapat disembuhkan dengan melakukan kegiatan menulis secara terus-menerus serta memberikan pelatihan motorik. Salah satu solusi untuk permasalahan ini pada bidang teknologi yaitu pengembangan aplikasi NULIS. Aplikasi NULIS memiliki dua jenis muatan yaitu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika yang dapat dipersonalisasikan oleh pendidik terhadap kebutuhan siswa. Penulis telah melakukan pembelajaran terhadap 5 siswa di Sekolah Aditama Surabaya, dan memperoleh hasil sebesar 65% parameter kemampuan menulis mengalami peningkatan. Selain itu aplikasi NULIS dapat membantu pembelajaran pada anak dengan keleluasaan pendidik dalam mengubah aktivitas. Pada akhirnya, penggunaan dari perangkat bergerak dengan muatan multimedia yang interaktif dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran..

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...