Jurnal Teknik ITS
Vol 5, No 2 (2016)

Perencanaan Sistem Propulsi Hybrid Untuk Kapal Fast Patrol Boat 60 M

Hangga Krisna Prasetya (Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Eddy Setyo Koenhardono (Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2017

Abstract

Kapal fast patrol boat 60 m beroperasi pada kecepatan bervariasi untuk menjalankan misi melindungi perairan Indonesia. Untuk mencapai operasional yang optimal pada setiap kecepatan operasional kapal perencanaan sistem propulsi kapal fast patrol boat 60 m menggunakan sistem propulsi hybrid. Pada perencanaan sistem propulsi hybrid untuk kapal fast patrol boat 60 m menggabungkan sistem propulsi mekanik dan sistem propulsi elektris. Dengan sistem propulsi hybrid kapal dapat beroperasi dengan menggunakan tiga mode. Untuk memperoleh opersional yang optimal pada masing-masing kecepatan operasional kapal perencanaan mode operasi setiap kecepatan operasional kapal haruslah tepat. Pada tugas akhir ini dilakukan perhitungan dan analisa mengenai tahanan  kapal, daya engine yang dibutuhkan untuk sistem propulsi dan sistem kelistrikan, kebutuhan daya motor listrik,  kebutuhan generator dan analisa ekonomi pada sistem propulsi hybrid  kapal fast patrol boat 60 m. Hasil dari analisa ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem propulsi hybrid memberikan efisiensi lebih tinggi 6 % di bandingkan penggunaan sistem propulsi mekanis dan 2%lebih tinggi dibandingkan penggunaan sistem propulsi elektrisKapal fast patrol boat 60 m beroperasi pada kecepatan bervariasi untuk menjalankan misi melindungi perairan Indonesia. Untuk mencapai operasional yang optimal pada setiap kecepatan operasional kapal perencanaan sistem propulsi kapal fast patrol boat 60 m menggunakan sistem propulsi hybrid. Pada perencanaan sistem propulsi hybrid untuk kapal fast patrol boat 60 m menggabungkan sistem propulsi mekanik dan sistem propulsi elektris. Dengan sistem propulsi hybrid kapal dapat beroperasi dengan menggunakan tiga mode. Untuk memperoleh opersional yang optimal pada masing-masing kecepatan operasional kapal perencanaan mode operasi setiap kecepatan operasional kapal haruslah tepat. Pada tugas akhir ini dilakukan perhitungan dan analisa mengenai tahanan  kapal, daya engine yang dibutuhkan untuk sistem propulsi dan sistem kelistrikan, kebutuhan daya motor listrik,  kebutuhan generator dan analisa ekonomi pada sistem propulsi hybrid  kapal fast patrol boat 60 m. Hasil dari analisa ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem propulsi hybrid memberikan efisiensi lebih tinggi 6 % di bandingkan penggunaan sistem propulsi mekanis dan 2%lebih tinggi dibandingkan penggunaan sistem propulsi elektris.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...