Jurnal EMPATI
Jurnal Empati: Volume 3, Nomor 2, Tahun 2014 (April 2014)

PERBEDAAN MINAT BELAJAR DITINJAU DARI TENDENSI KEPRIBADIAN TIPE A DAN TIPE B PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 10 SEMARANG

Zainuddin Arief Wijaya (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Yeniar Indriana (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2014

Abstract

Keberhasilan dalam kegiatan belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berpengaruh dalam proses belajar salah satunya adalah minat. Minat belajar merupakan landasan penting bagi siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Tuntutan sekolah dan cara mengajar guru yang tidak tepat akan menyebabkan minat belajar siswa menurun. Selain minat belajar faktor yang menentukan prestasi belajar siswa adalah kepribadian siswa. Friedman & Rosenman membagi kedalam 2 tipe, yaitu kepribadian Tipe A dan Tipe B. Kepribadian Tipe A sangat kompetitif, berorientasi pada pencapaian dan memiliki stres yang lebih tinggi. Sebaliknya, kepribadian Tipe B lebih mampu bersantai, tidak tergesa-gesa serta stres yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan minat belajar ditinjau dari tendensi kepribadian Tipe A dan Tipe B pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang.            Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang dan menggunakan teknik cluster random sampling untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Minat Belajar (α = 0.932) dan Skala Tendensi Kepribadian Tipe A dan Tipe B (α = 0.68).            Hasil penelitian menunjukkan nilai t= 2.815 dengan p=0,006 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu ada perbedaan minat belajar antara tendensi kepribadian Tipe A dan kepribadian Tipe B pada siswa kelas XI, dan nilai rata-rata minat belajar pada siswa dengan tendensi kepribadian Tipe A lebih tinggi daripada siswa dengan tendensi kepribadian Tipe B

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...