Jurnal Teknik ITS
Vol 8, No 1 (2019)

Analisis Kekuatan V-Core Sandwich Panel Pada Geladak Kapal Menggunakan Metode Elemen Hingga

Hilda Dwi Febriani (Departemen Teknik Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Dony Setyawan (Departemen Teknik Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2019

Abstract

Sandwich panel adalah suatu struktur terdiri dari dua pelat yang relatif tipis disatukan dengan inti (core) dapat berupa material komposit atau material berbahan baja. Penggunaan material sandwich pada struktur bertujuan untuk membuat struktur lebih ringan. Kelebihan ini tentunya sangat bermanfaat terutama konstruksi pada kapal yang membutuhkan bahan penyusun yang ringan sehingga kecepatan kapal dan jumlah muatan yang dapat diangkut meningkat. Aspek yang perlu diperhatikan dalam penggunaan sandwich panel pada kapal adalah dari segi keamanannya sehingga didapatkan desain dimana tegangan dan deformasi memenuhi aturan kelas tetapi memiliki berat yang ringan. Salah satu tipe sandwich panel yang akan diteliti pada penelitian ini adalah v-core sandwich panel yang seluruh materialnya berbahan baja dan akan dibandingkan dengan pelat berpenegar. V-core sandwich panel adalah dua pelat yang disebut face dan disatukan dengan core berbentuk v. Terdapat 3 model v-core sandwich panel yang dibedakan dari ketinggian core-nya. Model 1 memiliki tinggi core 110 mm, model 2 memiliki tinggi core 55 mm dan model 3 memiliki ketinggian core 220 mm. Ketiga model tersebut memiliki variasi ketebalan yang sama yang dibagi lagi menjadi variasi A sampai dengan variasi F. Variasi A dan Variasi D memiliki variasi ketebalan face dan core yang sama yaitu dari tebal 1 mm sampai 6 mm. Variasi B, variasi C, variasi E dan variasi F memiliki variasi ketebalan face dan core yang berbeda-beda. Hasil percobaan didapatkan desain v-core sandwich panel yang paling optimal adalah desain pada model 1 dengan tinggi core 110 mm, ketebalan face 5 mm, ketebalan core 5 mm, jarak antar core 62 mm dan lebar core 120 mm dengan besar tegangan yaitu 44,8 Mpa dimana nilai ini sudah kurang dari tegangan ijin dan kurang dari tegangan pelat berpenegar dengan besar deformasi 3,921 mm dan berat 28, 5827 ton.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...