Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara metode pembelajaran kooperatif dengan self-regulated learning pada mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas Bimbingan Konseling angkatan 2013 Universitas PGRI Semarang sebanyak 218 mahasiswa diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah skala self-regulated learning dan skala persepsi metode pembelajaran kooperatif. Pengumpulan data dengan 39 aitem valid (α=0,879) skala self-regulated learning, dan18 aitem valid (α =0,730) skala persepsi terhadap metode pembelajaran kooperatif. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil analisis product moment mendapatkan angka koefisien rxy=0,581 dengan tingkat signifikansi p=0,000 (p<0,050),menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima. Artinya ada hubungan positif antara persepsi terhadap metode pembelajaran kooperatif dengan self-regulated learning. Semakin positif persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran kooperatif maka semakin tinggi self-reulated learningnya. Sebaliknya, semakin negatif persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran kooperatif maka semakin rendah self-regulated learningnya.
Copyrights © 2015