Jurnal EMPATI
Jurnal Empati: Volume 4, Nomor 1, Tahun 2015 (Januari 2015)

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL REMAJA-ORANGTUA DENGAN SELF REGULATED LEARNING SISWA: Studi Korelasi Pada Siswa Kelas VII

Rinata Lathi Hapsari (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Diana Rusmawati (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2015

Abstract

Self regulated learning adalah usaha pengaturan diri yang aktif dan konstruktif yang melibatkan pikiran, motivasi dan perilaku dari diri siswa yang berorientasi kearah tujuan belajar meliputi penetapan tujuan, pemilihan strategi, mengimplementasikan strategi, dan memonitor progresivitas yang terjadi berkenaan tujuan belajar yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orangtua dengan self regulated learning siswa kelas VII SMP 16 Semarang.  Subjek  penelitian berjumlah 257 adalah siswa kelas VII di SMP 16 Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini cluster random sampling, sehingga diperoleh sample penelitian berjumlah 151 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan Skala Efektivitas Komunikasi Interpersonal Remaja-Orangtua (42 aitem; α = 0,867) dan Skala Self-Regulated Learning (47 aitem; α = 0,916). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orangtua dengan self regulated learning siswa kelas VII SMP 16 Semarang (r = 0,623; p < 0,001) yang berarti hipotesis dapat diterima.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...