Jurnal EMPATI
Jurnal Empati: Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015 (Oktober 2015)

PERSEPSI TERHADAP IKLIM SEKOLAH DAN KETERLIBATAN IBU DALAM KEGIATAN BINA DIRI ANAK DENGAN INTELLECTUAL DISABILITY DI SLB-C WIDYA BHAKTI SEMARANG

Dita Amalia Rahmawati (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Jati Ariati (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2015

Abstract

Anak intellectual disability memiliki keterbatasan dalam fungsi intelektual dan keterampilan adaptif sehingga membutuhkan bantuan untuk kemandirian. Salah satu cara meningkatkan kemandirian anak intellectual disability yaitu kegiatan bina diri. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara persepsi terhadap iklim sekolah dan keterlibatan ibu dalam kegiatan bina diri anak intellectual disability. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 49 ibu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Hasil Analisis data dengan analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap iklim sekolah dan keterlibatan ibu dalam kegiatan bina diri siswa (rxy = 0,736; p < 0,001). Keterlibatan ibu dalam kegiatan bina diri itu 54,2% ditentukan oleh persepsinya terhadap iklim sekolah, sedangkan 45,8% dijelaskan oleh faktor lain.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...