Jurnal EMPATI
Jurnal Empati Volume 7, Nomor 3, Agustus 2018

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN INTENSI BULLYING PADA SISWA SMA N 1 PURBALINGGA

Rahman, Virgio Aditya (Unknown)
Rusmawati, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2020

Abstract

Perilaku bullying juga sering terjadi didalam dunia pendidikan dan sering dilakukan oleh para siswa, salah satu penyebab melakukan perilaku tersebut karena konsep diri dan intensi individu untuk melakukan suatu tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan intensi bullying pada siswa SMA N 1 Purbalingga. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI SMA N 1 Purbalingga berjumlah 395 siswa dengan subjek sebanyak 198 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan model skala Likert yang terdiri dari Skala Konsep Diri (44 aitem, α=  0,916) dan Skala Intensi Bullying (38 aitem, α= 0,925). Berdasarkan analisis regresi sederhana didapatkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara konsep diri dengan intensi bullying (rxy = -0,390 ; p =0,000). Semakin rendah konsep diri maka semakin tinggi siswa akan semakin tinggi melakukan bullying dan sebaliknya. Konsep diri dalam penelitian memberikan sumbangan efektif sebesar 15,2% terhadap intensi bullying, 84,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak bisa diungkapkan dalam penelitian ini.Kata kunci: Konsep Diri, Intensi Bullying, Siswa SMA.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...