Jurnal EMPATI
Vol 6, No 4 (2017): Oktober 2017

HUBUNGAN PENGUNGKAPAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI PUTRI KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM (PPMI) ASSALAAM SUKOHARJO

ZAHRAH, NABILA AZ (Unknown)
Rusmawati, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengungkapan diri dengan motivasi belajar pada remaja. Populasi dari penelitian ini adalah santri putri kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Sukoharjo berjumlah 84 orang yang terbagi atas kelas X IPA 3, X IPA 4, dan X IPS 2. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Motivasi Belajar berjumlah 35 aitem (α = 0,91) dan Skala Pengungkapan Diri berjumlah 31 aitem (α = 0,86). Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan program Statistical Packages for Social Science (SPSS) versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara pengungkapan diri dengan motivasi belajar pada santri putri kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Sukoharjo (r = 0,501 p < 0,001). Berdasarkan penelitian tersebut disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pengungkapan diri maka semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki. Sebaliknya, semakin rendah tingkat pengungkapan diri maka semakin rendah pula motivasi belajar yang dimiliki. Variabel pengungkapan diri memberikan sumbangan efektif sebesar 25,1% terhadap motivasi belajar.  

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...