Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai hubungan antara kecenderungan pola asuh permisif dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP sebanyak 61 orang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Motivasi Berprestasi, Skala Persepsi Kecenderungan Pola Asuh Permisif dan Skala Kepercayaan Diri. Analisis data penelitian dengan menggunakan teknik analisis uji-t yaitu regresi ganda dan korelasi parsial. Berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan, hipotesis yang diajukan dalam penelitian yaitu adanya hubungan antara kecenderungan pola asuh permisif dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi diterima dengan nilai R = 0,588, p = 0,000 (p < 0,01). Sumbangan yang diberikan pola asuh permisif dan kepercayaan diri terhadap motivasi berprestasi sebanyak 34,5%. Hasil korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan negatif antara kecenderungan pola asuh permisif dengan motivasi berprestasi dan terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kecenderungan pola asuh permisif dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014