Humanitas: Indonesian Psychological Journal
Vol 8, No 1: Januari 2011

Efikasi Mengajar Sebagai Mediator Peranan Faktor Kepribadian terhadap Performasi Mengajar Guru

M. Noor Rochman Hadjam (Universitas Gadjah Mada, Indonesia)
Wahyu Widhiarso (Universitas Gadjah Mada, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2011

Abstract

Penelitian membandingkan peranan efikasi mengajar sebagai mediatorhubungan antara faktor kepribadian dengan performansi mengajar.Partisipan dalam penelitian ini adalah 142 orang guru perwakilan dari seluruh propinsi di Indonesia. Instrumen pengukuran yang dipakai adalah SkalaKepribadian Lima Faktor, Skala Efikasi Mengajar dan Skala PerformansiMengajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa peranan faktor kepribadian secara tidak langsung lebih menjelaskan variasi performansi mengajar gurudibanding dengan peranan langsung. Hasil tersebut didasarkan pada hasilanalisis regresi bertahap, pada tahap akhir menunjukkan bahwa masuknyaefikasi mengajar dalam persamaan menurunkan peranan faktor-faktorkepribadian terhadap performansi mengajar guru (DF=17,81; p<0,01;DR2=21,8%). Melalui perbandingan nilai koefisien dua jenis peranan (peranan langsung vs tidak langsung) pada pemodelan persamaan structural (SEM) menghasilkan informasi bahwa peranan tidak langsung lebih signifikan dibanding dengan peranan langsungnya. Temuan tersebut berlakupada kelima faktor kepribadian yang dilibatkan. Secara umum penelitianini memberikan masukan bahwa konstrak kepribadian memiliki cakupanyang luas sehingga memerlukan konstrak lain yang lebih spesifik menjadimediator dalam menjelaskan perilaku kriteria.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

HUMANITAS

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

HUMANITAS (ISSN: 1693-7236) focuses on psychology research and cover all branch of psychology sciences. This journal is peer-review. Jurnal Humanitas berfokus pada penelitian psikologi and mencakup semua cabang ilmu psikologi. Jurnal ini merupakan jurnal ...