Humanitas: Indonesian Psychological Journal
Vol 8, No 1: Januari 2011

PROGRAM HOLISTIK E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI ISLAM

Erika Kusumaputri (Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2011

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi Critical SuccessFactors (CSF) Model terhadap implementasi e-learning di perguruantinggi Islam dan untuk mengusulkan strategi yang diperoleh dari perspektifholistik, konsultatif, dan emansipatori. Analisis organisasi menggunakanCSF berusaha menegakkan metode penelitian manajemen dengan maksuduntuk mengidentifikasi elemen-elemen esensial yang penting dalam mencapaiefektivitas proses perubahan. Data dianalisis dari hasil wawancara mendalam dan diskusi kelompok terarah dengan para pimpinan universitas, ketua puskom, dan unit penjaminan mutu (quality assurance), mengacupada sejumlah indikator CSF yang dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:kepemimpinan, struktural dan budaya; rancangan, teknologi, danpenyampaian materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap unsurinstitusi perguruan tinggi dipersiapkan untuk mampu melekatkan diri dengane-learning dalam mendukung pengembangan karir atau profesi, sehinggadiperlukan kemampuan universitas untuk mengelola proses perubahandengan mengusulkannya melalui diskusi perancangan tujuan (goal).

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

HUMANITAS

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

HUMANITAS (ISSN: 1693-7236) focuses on psychology research and cover all branch of psychology sciences. This journal is peer-review. Jurnal Humanitas berfokus pada penelitian psikologi and mencakup semua cabang ilmu psikologi. Jurnal ini merupakan jurnal ...