Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode mindmapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang memilikinilai mata pelajaran fisika rata-rata di bawah 6,5, memiliki kemampuan melihat dan mendengar dengan baik. Metode pengumpulan data denganalat ukur tes prestasi belajar fisika pada materi alat optik, dokumentasi,observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimendengan rancangan pretest-posttest control group design. Data dianalisisdengan menggunakan teknik analisis uji-t. Hasil analisis uji-t yaitu pairedsample t-test pada kelompok eksperimen, diperoleh bahwa metode mindmapping berpengaruh positif yang sangat signifikan terhadap peningkatanprestasi belajar fisika (t= -11,006; p= 0,000). Hasil analisis uji-t yaitupaired sample t-test pada kelompok kontrol, diperoleh bahwa metodekonvensional tidak berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasibelajar fisika (t= -1,941; p= 0,070). Hasil analisis uji-t yaitu Independentsample t-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperolehbahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata (mean) hasil posttestantara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t= 2,144; p= 0,020). Hasil penelitian menunjukkan metode mind mapping sangat efektif dalammeningkatkan prestasi belajar fisika.
Copyrights © 2012