Humanitas: Indonesian Psychological Journal
Vol 9, No 1: Januari 2012

EFEKTIFITAS METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII

Muhammad Chomsi Imaduddin (Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Unggul Haryanto Nur Utomo (Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode mindmapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang memilikinilai mata pelajaran fisika rata-rata di bawah 6,5, memiliki kemampuan melihat dan mendengar dengan baik. Metode pengumpulan data denganalat ukur tes prestasi belajar fisika pada materi alat optik, dokumentasi,observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimendengan rancangan pretest-posttest control group design. Data dianalisisdengan menggunakan teknik analisis uji-t. Hasil analisis uji-t yaitu pairedsample t-test pada kelompok eksperimen, diperoleh bahwa metode mindmapping berpengaruh positif yang sangat signifikan terhadap peningkatanprestasi belajar fisika (t= -11,006; p= 0,000). Hasil analisis uji-t yaitupaired sample t-test pada kelompok kontrol, diperoleh bahwa metodekonvensional tidak berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasibelajar fisika (t= -1,941; p= 0,070). Hasil analisis uji-t yaitu Independentsample t-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperolehbahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata (mean) hasil posttestantara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t= 2,144; p= 0,020). Hasil penelitian menunjukkan metode mind mapping sangat efektif dalammeningkatkan prestasi belajar fisika.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

HUMANITAS

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

HUMANITAS (ISSN: 1693-7236) focuses on psychology research and cover all branch of psychology sciences. This journal is peer-review. Jurnal Humanitas berfokus pada penelitian psikologi and mencakup semua cabang ilmu psikologi. Jurnal ini merupakan jurnal ...